Wellcome

Welcome to my webblog. I am Harika...

Friday, December 13, 2013

Mengubah File Powerpoint ke Flash Movie (SWF)

blog saya :


Satu lagi tips yang sangat bermanfaat bagi kita yang sering membuat animasi menggunakan aplikasi PowerPoint , yaitu mengubah file powerpoint menjadi file flash selain mengubah berikut ini juga dijelaskan cara menyisipkan file flash (swf) ke dalam file powerpoint sehingga menghasilkan desain media pembelajaran berbasis presentasi yang interaktif.
Hasil konversi dan insert file swf ini dapat membantu dan menarik perhatian audien untuk lebih tertarik pada presentasi kita. Berikut ini cara mengubah dan memasukkan file flash ke dalam powerpoint. Syarat, dikomputer Kita sudah terinstal program iSppring dan Swiff Player (kalau belum silahkan install dengan sebelumnya download iSpring dan Swiff-Player).
Langkah-langkahnya adalah :

  1. Buka file animasi fisika Kita yang telah dibuat di powerpoint, jika animasi Kita ingin dijalankan dengan automatis (tanpa menggunakan click atau enter) maka sebaiknya pada efek animasinya (start) tidak menggunakan on clik tetapi lebih disarankan memakai efek animasi-start : after previous
  2. Pastikan bahwa slide animasi yang mau diubah sudah sesuai keinginan Kita dengan cara jalankan (slide show atau tekan F5)
  3. Jika Kita menggunakan versi 2007, maka pilih iSpring (pada addres bar) lalu click Publish, maka muncul kotak dialog

  1. Pada kotak dialog :

  • Presentation title = silahkan ganti nama slide 1 menjadi (sesuai nama file yang kita inginkan)
  • Slide range = klik selected slide (1 slide) slide aktif akan dipublish
  • Options = tidak usah diberi tanda centang/cekclist (silahkan pelajari selanjutnya silahkan disesuaikan dengan kebutuhan)
  • Tunggu beberapa saat, maka file Power point kita sudah jadi Flash dan secara otomatis akan dimainkan di Movie Flash, jika file kita berlogo winamp atau semacamnya maka klik kanan lalu click Open With – Swiff Player.

Langkah-langkah di atas merupakan cara kita untuk mengubah animasi dalam bentuk PowerPoint lalu diubah menjadi Flash Movie (SWF), pada langkah berikut ini, kita akan menampilkan file atau animasi yang telah diubah tipenya menjadi Flash Movie (SWF) ke dalam halaman slide PowerPoint, dengan cara berikut ini:
  1. Pada halaman kerja, => klik iSpring pada address bar dan klik Insert Flash
  2. Pada kotak dialog cari letak lokasi file flash kita => klik tombol open
  3. Kembali ke halaman powerpoint dan file flash sudah masuk, tetapi ukuran flashnya memenuhi halaman kerja powerpoint, silahkan ubah ukuran dengan klik kanan dan pilih Format Control (ubah ukuran dan posisinya) lalu ok, silahkan jalankan dengan menekan tombol F5 maupun melalui menu.

No comments: